Box dan wedge adalah satu kesatuan dari fungsi modeling yang ada di AutoCAD yaitu Membuat object 3D menggunakan UCS / WCS (work plane), salah satunya adalah Box dan Wedge yang banyak digunakan untuk memudahkan membuat object 3D .
Seperti yang saya sebutkan satu kesatuan dari fungsi modeling yang terdiri dari :
Seperti yang saya sebutkan satu kesatuan dari fungsi modeling yang terdiri dari :
» Box
» Cylinder
» Cone
» Sphere
» Pyramid
» Wedge
» Torus
CARA MEMBUAT BOX DAN WEDGE
Tahap Pertama : Ubah Mode Workspace Menjadi 3D Modeling. Karena jika masih di drafting & Annotation maka tidak akan muncul modeling di menu home
Tahap Kedua : Ubah Tampak SE Isometri. Karena sarat membuat Object 3D kita diharuskan mengubah tampak 3D
Tahap Ketiga : Perhatikan Sumbu UCS / WCS ( x, y, z ). Karena ini merupakan dasaran untuk membuatnya
Tahap keempat : Tuliskan Command Pada Autocad. lihat contoh balok Diatas
Jika kita cocokan dengan ucs/wcs ( x, y, z ) maka ( 4, 1, 2 )
Maka caranya ialah :
» Ketik box [Enter]
» Klik sembarang
» Ketik @ 4, 1, 2 [Enter]
Selesai …
» Cylinder
» Cone
» Sphere
» Pyramid
» Wedge
» Torus
CARA MEMBUAT BOX DAN WEDGE
Tahap Pertama : Ubah Mode Workspace Menjadi 3D Modeling. Karena jika masih di drafting & Annotation maka tidak akan muncul modeling di menu home
Tahap Kedua : Ubah Tampak SE Isometri. Karena sarat membuat Object 3D kita diharuskan mengubah tampak 3D
Tahap Ketiga : Perhatikan Sumbu UCS / WCS ( x, y, z ). Karena ini merupakan dasaran untuk membuatnya
Tahap keempat : Tuliskan Command Pada Autocad. lihat contoh balok Diatas
Jika kita cocokan dengan ucs/wcs ( x, y, z ) maka ( 4, 1, 2 )
Maka caranya ialah :
» Ketik box [Enter]
» Klik sembarang
» Ketik @ 4, 1, 2 [Enter]
Selesai …
Dan begitu juga dengan object wedge
NB : Yang perlu kalian perhatikan adalah sumbu ucs / wcs saja jika sudah bias membaca sumbu tsb dengan benar maka hampir semua object modeling seperti diatas saya sebutkan akan terlehat mudah
0 comments: